Minggu, 28 Agustus 2011

Jaga Kecepatan


TERUS TERANG saya tak pernah melajukan kendaraan saya melebihi 80 km per jam.Untuk urusan ngebut-mengebut saya termasuk penakut.Takut kalau terjadi apa-apa.Dan,sepertinya,belum pernah saya punya alasan tepat untuk mak wuzzz sebanter-banternya.Semua urusan masih bisa saya atasi dengan hanya berkendara sewajarnya saja.
Ketika pagi tadi saya mudik melewati depan terminal Osowilangun Surabaya,ada sebuah nasihat yang –bisa jadi-- tertujukan khusus buat saya.Walau kalau sampeyan yang membacanya,itu juga cocok untuk sampeyan.
Sepanduk berlambang Polri,Jasa Raharja dan Dephub itu bertuliskan kalimat; Jaga Kecepatan.

Bagi saya yang gak suka ngebut,itu sebagai anjuran agar saya menjaga model berkendara saya yang kecepatannya sedang-sedang saja.Tetapi bila itu dibaca para pengebut,tentu tak keliru dimaknai sebagai 'jaga kecepatan ngebut itu'.
Iseng saya mencari padanan dan arti dari kalimat pendek yang kurang lebih sama.Misal,Jaga keamanan: Menjaga agar tetap dalam kondisi aman. Jaga kebersihan: menjaga keadaan agar selalu bersih. Jaga jarak aman: menjaga agar selalu dalam jarak aman antar kendaraan.
Kalau Jaga Kecepatan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar