Judul buku: New Markesot Bertutur
Penulis: Emha Ainun Nadjib
Pengantar/Editor: Kuskridho Ambardi
Penerbit: Mizan
Cetakan: I September 2012
Tebal: 471 halaman
Penulis: Emha Ainun Nadjib
Pengantar/Editor: Kuskridho Ambardi
Penerbit: Mizan
Cetakan: I September 2012
Tebal: 471 halaman
SEKARANG zaman
‘bebas’. Anda boleh bicara apa saja tentang pemerintah di mana saja. Di
warung-warung kopi, di gardu sambil bersiskamling, atau sambil main kartu gaple
saat jagong bayi. Atau, bagi yang punya kemampuan menulis, Anda bisa
mengeluarkan keluh kesah Anda dalam bentuk tulisan dan dikirimkan ke surat
kabar. Tidak dimuat karena Anda bukan pengamat politik ‘betulan’, sekarang
tidak kurang wadah untuk memuntahkan mual-mual di otak Anda. Ada situs-situs
jejaring sosial, atau blog-blog
gratisan. Dan Anda akan aman-aman saja. Sekencang apa pun Anda berteriak,
kalau tidak sedang sangat apes, telinga Anda tidak akan ada yang menjewernya.
Ini beda dengan zaman Orde Baru dulu. Jangankan berteriak,
berbisik ngrasani pemerintah pun, hidup Anda bisa terancam!
Tetapi selalu ada pemberani diantara para penakut. Dalam hal ini, walau hanya
sebagai orang mbambung, Markesot
termasuk yang tidak punya rasa takut. Ia saban hari Minggu selama tiga tahun
(dari tanggal 26 Pebruari hingga 1 Januari 1992) selalu bertutur dalam alur
yang kadang terkesan ngelantur. Sok pinter, sok alim. Kadang dibumbui
dalil-dalil dalam bahasa Arab, tetapi kadang-kadang 'misuh' juga.
Tokoh rekaan dalam sebuah tulisan, seringkali ucapan-ucapan
dalam dialog-dialognya, tidak bisa dimungkiri itu adalah juga ucapan-ucapan
hati si penulisnya yang sedang meminjam mulut tokoh rekaannya. Dan, tidaklah
terlalu salah menganggap si Markesot itu adalah wujud lain dari si Emha Ainun
Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun. Yang egaliter, sedikit kosro, tetapi tidak tipis dalam pemahaman
dan penguasaan medan.
Markesot Bertutur pertama
kali dibukukan adalah setahun setelah kolom Cak Nun itu berhenti muncul dari
edisi Minggu sebuah koran sore terbitan Surabaya. Dua tahun berikutnya muncul
lagi buku Markesot Bertutur Lagi.
Dan, September 2012 ini, Mizan menerbitkan lagi New Markesot Bertutur.
Dalam terbitan terbaru ini, para pembaca (pengagum tulisan
Cak Nun utamanya) seolah diajak kembali ke masa lalu. Masa-masa awal tahun
90-an. Melihat lagi kaleidoskop sejarah di bawah kendali Orde Baru. Tentang
Porkas, tentang penggusuran untuk proyek waduk Kedungombo, tentang gelaran
Piala Dunia saat Maradona membuat gol tangan Tuhan, tentang robohnya tembok
Berlin sampai perang teluk, tentang China yang masih dipimpim PM Li Peng. Pendek kata, Cak Nun menyuguhi kita gado-gado dalam
kemasan dan olahan yang mak-nyus. Dengan gaya bahasa yang lincah
(kadang genit), ia mengajak kita mentertawai (negeri) diri sendiri.
Tentang NU dan Muhammadiyah, meminjam salah satu tokoh teman
Markesot yang digambarkan sedang sakit dan tengah dijenguk seorang tokoh
Nahdlatul Ulama, ia menulis begini, “Saya ini tidak NU tidak Muhammadiyah. NU
dan Muhammadiyah itu konco
perjuangan. Mbok ojo gelut ae se..”
(hal. 101).
Buku ini adalah kumpulan kolom. Dan kolom-kolom itu,
tadinya, memang tidak diniatkan untuk dijadikan buku. Kolom mingguan itu
ditulis dengan memungut tema apa saja yang sedang hangat dalam Minggu itu. Dan terbukti,
Cak Nun yang saat-saat itu sedang sebagai sungai yang tiada kehabisan ‘air’,
punya napas kuat untuk selalu menuangkan renungannya dalam gaya penulisan yang,
menurut budayawan Mohamad Sobary, mengajak orang harus telaten untuk mencari
‘mutiara’ yang dia sampaikan dengan aneka bungkus.
Seperti kata Kang Sobary di atas, memang banyak sekali
mutiara yang ditebar Cak Nun dengan bahasa yang enteng dan tidak njlimet. Misalnya tentang kehidupan,
begini dia melukiskan, “Urip itu urap. Mengaduk. Mencampur.
Mempergaulkan. Menyentuhkan satu unsur dengan unsur lain. Makanya, makanan ini
disebut urapan. Kalau di Jawa Tengah disebut gudangan. Maksudnya, urapan itu
seperti halnya banyak barang di gudang. Campur. Itulah urip. Itulah
kehidupan...” (hal. 366)
Begitulah. Kolom yang kala itu memang dibuat khusus untuk
sebuah koran sore yang saat itu sedang kuat-kuatnya secara tiras di Surabaya,
bahasa yang dipakai seringkali memang bahasa Suroboyoan. Yang egaliter, dan
sesekali berhias pisuhan juga. Tetapi, dengan gayanya yang khas, pisuhan ala
Suroboyo yang sekarang juga sering dikumandangkan Sudjiwo Tejo itu, oleh Cak
Nun dijlentrehkan dengan gambaran yang enteng. Bahwa pisuhan made in Suroboyo itu akan tidak berarti
pisuhan bila dalam rasa bahagia bertemu sahabat kental dan dengan lantang
(sambil tertawa) memekikkan kata-kaka itu. ‘Pisuhan’ itu menjadi sekadar idiom
budaya. Maknanya menjadi relatif, tergantung konteks komunikasinya. Kita tidak
dapat menghakimi ekspresi seseorang hanya dengan melihat bunyi kata-katanya,
melainkan kita harus perhatikan nadanya, nuansanya, letak masalahnya. Kata ahli
ilmu fiqih: yaduru ‘ala ‘illatihi. (hal. 38)
Sebagai buku kumpulan kolom, lebih-lebih kolom-kolom itu
diterbitankan nyaris duapuluh tahun yang lalu, menjadikan para pembaca buku ini
yang usianya di bawah 30 tahun, saya khawatir mereka ini akan sulit menemukan
‘sesuatu’ yang melatar belakangi sebuah bahasan. Ini dikarenakan, setiap judul
itu tidak dicantumkan terbit tanggal dan tahun berapa.
Itu soal lain.
Sebagai penulis, Cak Nun memang mempunyai gaya yang khas. Sekaligus tulisan yang dibuat bertahun-tahun lalu itu tetap terasa relevan mengambarkan keadaan kita saat ini. Ia bisa dengan cerdas, lewat mulut Markesot, menerjemahkan hal-hal ruwet dengan cara sepele, lewat cara pandang para orang mbambung. Ia bisa dengan enteng bilang, “Tidak ada yang lebih siluman dibanding dengan kenyataan-kenyataan di negeri ini.” Sementara pada bab lain dia berkata, “... zaman ini sudah sedemikian semrawut: siapa Ibrahim siapa Fir’aun, sudah samar. Struktur persoalan sudah sedemikian kompleks. Terkadang kita adalah Ibrahim, terkadang kita Fir’aun, terkadang kita adalah kayu bakar, terkadang kita adalah api yang menyala-nyala.” (hal. 53)
Sebagai penulis, Cak Nun memang mempunyai gaya yang khas. Sekaligus tulisan yang dibuat bertahun-tahun lalu itu tetap terasa relevan mengambarkan keadaan kita saat ini. Ia bisa dengan cerdas, lewat mulut Markesot, menerjemahkan hal-hal ruwet dengan cara sepele, lewat cara pandang para orang mbambung. Ia bisa dengan enteng bilang, “Tidak ada yang lebih siluman dibanding dengan kenyataan-kenyataan di negeri ini.” Sementara pada bab lain dia berkata, “... zaman ini sudah sedemikian semrawut: siapa Ibrahim siapa Fir’aun, sudah samar. Struktur persoalan sudah sedemikian kompleks. Terkadang kita adalah Ibrahim, terkadang kita Fir’aun, terkadang kita adalah kayu bakar, terkadang kita adalah api yang menyala-nyala.” (hal. 53)
Buku bagus ini memang tidak seratus persen suci dari ‘hadats
kecil’ macam kesalahan tulis yang lolos dari pelototan editor. Misalnya di
halaman 125. Dalam judul Tukar –menukar
Kunci Distribusi Suami-Istri,
pada paragraf akhir Cak Nun yang memang juga penyair ini sedang membuat tokoh
utama buku ini berada dalam situasi hati yang galau. Markesot jadinya makin nglangut di biliknya. Bercinta dengan sunyi.
“Sunyi itu kudus,” katanya berpuasa. Menurut saya, kalimat itu harusnya ; “Sunyi itu kudus,” katanya berpuisi.
Sekalipun sering mengkritik Orde Baru dengan gayanya yang
kadang ‘nylekit’ dan mengagetkan, toh di saat-saat terakhir kekuasaan presiden
Soeharto, Cak Nun termasuk salah satu
tokoh yang diajak bicara oleh pak Harto untuk menentukan sikap atas desakan
massa yang menginginkan ia mundur dari jabatan presiden yang telah digenggamnya
selama 32 tahun. Dengan gayanya yang mbeling,
Cak Nun termasuk salah seorang tokoh yang berhasil turut membujuk Pak Harto
untuk lengser saja.
Dan kalimat mbeling
itu diucapkan pula oleh pak Harto dalam jumpa pers sesaat setelah pertemuan yang
digelar minus Amien Rais itu. “....bahkan ada yang bilang, tidak jadi Presiden
tidak pathek’en,” kata Pak Harto
sambil melirik Cak Nun yang berdiri di belakangnya.
Sama, tidak membaca buku ini pun Anda tidak akan pathek’en, tidak akan kudisan. Tetapi dengan membacanya, kita bisa tahu banyak
hal dalam perspektif seorang budayawan asal Jombang ini. Dan,
tahu adalah lebih beruntung dari pada tidak tahu. Lebih rugi lagi adalah bila
tidak tahu tetapi tidak tahu kalau dirinya tidak tahu. *****