20 Januari 2012

Cara Pinter Menebak Karakter


KEMARIN saya temukan, barusan saya baca lagi buku catatan itu. Bukan buku baru. Buku tulisan tangan itu, saya bikin sekitar pertengahan tahun 80an. Berisi macam-macam. Dan, saya beritahusampeyan, tahun itu saya telah memunculkan tokoh mas Bendo. Tetapi belum bersama kang Karib. Ia masih pegang sebagai pemeran utama ‘berduet’ dengan yang namanya Sudrun sebagai figurannya. (Kapan-kapanlah saya ceritakan tentang ini.)

Sekarang saya sedang melototi satu lembar isi buku itu. Dan yang ini bukan murni tulisan saya. Tetapi sebuah artikel yang saya ambil dari majalah Intan (entahlah, apakah sekarang majalah ini masih beredar atau tidak, saya tidak tahu) Terus terang saya lupa mencatat itu edisi nomor berapa. Tetapi, dalam salinan itu (bukan hasil foto copy, tetapi saya salin dalam tulisan tangan), tertera bulan Mei tahun 1986. (Eh, siapa yang belum lahir tahun itu? Wah, ketahuan saya ini sudah manula dong....hahaha)

Maaf, ini bukan artikel serius. Tetapi, barangkali, bisa membuat sampeyan  tersenyum ketika karaktersampeyan  bisa dengan gampang ditebak hanya melalui tanggal, bulan dan tahun kelahiran. Caranya cukup mudah. Sampeyan  hanya perlu menjumlah tanggal, bulan dan tahun kelahiran itu menjadi satu angka saja.

Misalnya sampeyan  lahir 25 Agustus 1985, cara menjumlahkannya adalah: 2+5+8+1+9+8+5=38. Dari total angka 38 ini dijadikan 3+8=11, dan dari angka 11 ini juga dijadikan 1+1=2. Jadi karakter orang yang lahir pada tanggal 25-8-1985 adalah sesuai dengan nomor urut 2 dibawah ini.

Gampang, kan?

Dan inilah urutan karakter itu.
  1. Si  dia ini orangnya kreatif, sering berhasil menduduki tempat penting dalam organisasi, tetapi agak suka memerintah. Selain bersifat sederhana, ia termasuk sosok yang suka menyendiri. Jeleknya, ia suka meremehkan pendapat orang lain. Walau begitu, ia adalah orang yang tegas.
  2.   Romantik, suka mengalah, rajin dan setia. Tipe pekerja dan tidak suka menonjolkan diri. Penuh inisiatif dan bertanggung jawab. Satu hal lagi, ia suka musik! (waduh, kok bagus semua ya?...)
  3. Menonjolkan diri, suka mengatur, tetapi ia praktis dan optimis. Minusnya, si dia ini kurang disiplin, sehingga banyak rencananya yang gagal. Melamun adalah hobby-nya. Ia sosok yang kurang greget karena lebih percaya kepada nasib. (Oiiii! Bangun, jangan melamun melulu...)
  4.  Kolot, berbusana kurang menarik dan secara prinsip sukar berubah  (cenderung keras kepala), tetapi ramah. Dalam bercinta, ia selalu membanggakan pasangannya sendiri.  (Ya iyalah, masak membanggakan pasangan sebelah.)
  5.  Lincah, genit (ih, kalau cowok mungkin kemayu ya? Hehe...), banyak humor, nurut pada nasihat orang lain, bercita-cita maju, tetapi (ada tetapinya lho..)ia termasuk petualang dalam cinta. (Duh, yang terakhir itu amit-amit deh!)
  6. Sabar, namun jika sudah marah sukar diredakan. Dalam bertingkah lagu baik dan sopan. Hanya saja kadang ia bertindak boros. (Nah lo! Cari duit itu susah tauuuu!)
  7.  Suka menyendiri dan perasa, inginnya lari dari kenyataan dan benci pada keibutan. Menurut orang sih dia ini dingin, padahal ia punya daya pikiran dan khayalan yang kuat. (Wih, andai ah, ah, ah aku jadi orang kaya. Hehe.. jadi ingat lagunya Oppie Andaresta)
  8. Egoistis, ambisius. Walau begitu ia pribadi yang rajin dan tekun. Satu lagi; tidak mudah putus asa. Ia mempunya prinsip, sebuah kegagalan sebagai tantangan yang perlu ditaklukkan.(Setuju. Maju terus pantang mundur. Merdekaaaa!)
  9. Tenang, berjiwa seni, pandai memanfaatkan peluang, tidak suka berbincang-bincang. Mudah menyadari dan memperbaiki kesalahan sendiri. Suka warna cerah dan  bergairah. Tetapi, ia termasuk orang yang gampang terpengaruh lingkungan.

Nah, dari sembilan karakter itu, manakah yang sesuai dengan sampeyan?
Salam.*****

2 komentar:

  1. Akang saya mulai suka baca Blog akang...
    mau Folow ko susa ya...

    saya minta Izin Copas ya...

    Matur suwun...

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah nyempetin mampir ke Blog saya yang sangat sederhana ini.

    Masa sih sulit untuk follow saya? Coba lagi deh. Oke, silakan kalau mau di copas.

    Hatur nuhun....

    BalasHapus