Jumat, 04 Maret 2016

Tracking Chinasat-11

 
Dish ex OrangeTV untuk menembak Chinasat-11
difoto dari arah utara.
SEBAGAI Tracker Anyaran alias newbie, di saat banyak kawan forsat ngomongin satelit Chinasat-11 yang berisi siaran televisi lokal Indonesia, ikut penasaran juga saya akhirnya. Berbekal dish lengkap dengan LNB ex OrangeTV, Minggu pagi kemarin saya tracking satelit yang mengorbit pada 98.0° E itu.

Koleksi altem; Palapa-D, Telkom-1, Asiasat7 dan Chinasat-11.
Tetapi, karena kondisi dish bekas itu sudah karatan, sebelumnya saya cat dulu menggunakan cat anti karat / zyncromat. Setelah semua siap, saya pasang dish itu pada tiang yang sebelumnya sudah saya siapkan. Berbekal satfinder, menjadikan saya tak perlu lagi membawa reciever dan tv portable saat tracking.

Jujur, ini pengalaman pertama saya tracking sinyal Ku band. Tetapi, karena sebelumnya saya sudah membaca di forum-forum persatelitan tentang satelit Chinasat-11 dan kemana dish harus dihadapkan, menjadikan saya tak buta-buta amat.

Artikel terkait: Selamat tinggal siaran televisi digital.

SQ lumayan luber, rx Matrix Prolink HD PVR.
Iya, sesuai yang pernah saya baca, arah dish saat nembak Chinasat-11 adalah barat agak ke utara. Atau, arah antara jam 10-11-lah. Nah, sambil mengarahkan dish ke yang dimaksud, saya tak perlu melihat layar display satfinder, karena pada menu find satellite sudah saya setting pada satelit tersebut sekaligus sudah saya masukkan frekuensi 12500 V 43200. Setelah beberapa saat 'goyang dumang', ada bunyi melengking dari satfinder saya. Itu tandanya sinyal yang saya cari sudah nyangkut. Tinggal mengepaskan saja, tinggal memaksimalkan saja. Saya turun dari atap setelah saya mendapat SQ maksimal yang mampu saya dapatkan, yakni 73% untuk Strenght, dan 75% untuk Quality.

Salah satu channel: PopularTV, rx Matrix Apple III HD PVR
Nah, begitu saya scan memakai reciever Matrix Prolink HD RVR milik saya, ternyata lumayan hasilnya. Berhasil sudah saya menembak setelit Chinasat-11. Lumayanlah, bisa menambah koleksi channel. 

Selain mencoba scan menggunakan dua reciever Matrix type berbeda, saya tertarik pula untuk menjajal memakai reciever ex OrangeTV Ku-band yang merek Konka. Setelah sebelumnya sempat agak bingung bagaimana cara menambahkan satelit baru pada reciever tersebut, akhirnya berhasil juga saya mengunci si Ninmedia di Chinasat-11. 
Channel-channel Ninmedia (Chinasat-11) rasa OrangeTV.
 

Dari beberapa artikel yang sempat saya baca; tidak semua reciever ex pay tv bisa untuk me-lock Chinasat-11. Tetapi, tentang merek dan ex pay tv apa saja, itu yang saya kurang tahu. Karena punya saya ya cuma ex OrangeTV Ku--band itu. Kalau Anda punya pengalaman, silakan di-share di komentar artikel ini dong. Oke?*****

17 komentar:

  1. Apakah receivernya bisa pake bekas pay tv, atau harus receiver lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reciever bekas pay tv ada yang bisa, tetapi ada juga yang tidak bisa. Saya pakai reciever bekas OrangeTV Ku-band (gambar sudah saya lampirkan pada artikel di atas) dan bisa.

      Hapus
  2. Saya coba pakai matrix Skylink Ethernet HD + LNB Combo Ku /C + Dish eks Telkomvision masih gagal....
    Apakah panjang tiang ... dish sdh diarahkan ke barat laut ...frekuensi 12500 V 43200 .... ada saran ?

    BalasHapus
  3. masih bingung cara lock sat ku band, masih pemula, untuk mengarahkan dish ke sat chinasat 11, daerah ketapang kal-bar. pake dish orange tv, rx topas tv.

    BalasHapus
  4. masih bingung cara lock sat ku band, masih pemula, untuk mengarahkan dish ke sat chinasat 11, daerah ketapang kal-bar. pake dish orange tv, rx topas tv.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk area Kalbar, saya ada teman pengurus grup Chinasat11 (FreeSat Ninmedia) di FB yang siap bantu. Silakan datang le Jln. H Rais gang Lawu No. 22-B. Atau hubungi 08115798181.

      Demikian, semoga info ini dapat bermanfaat.

      Hapus
  5. Om itu lnb nya masih orangetv ga? Sy mau coba ex oren kuband. Apa tinggal searching aja ya om? Trims

    BalasHapus
  6. Om itu lnb nya masih orangetv ga? Sy mau coba ex oren kuband. Apa tinggal searching aja ya om? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Iya, LNB-nya masih bawaan OrangeTV. Silakan gabung grup Chinasat-11 (FreeSat Ninmedia) di Facebook. Akan banyak teman yang kasih saran untuk lock Ninmedia disitu. Salam.

      Hapus
  7. mau tanya gan, klo pake reciver konka bekas orange tv cara masukin polaritasnya bagaimana gan???

    BalasHapus
  8. kla pake reciever matrix garuda putih bisa nggak bos..sudah hd

    BalasHapus
  9. klo pake garuda putih full hd new bisa nggak boss ....

    BalasHapus
  10. Wah enak kalu punya satfinder, kalu bisa pinjam enak banget kali ya...?

    BalasHapus
  11. Titik fokusnya adalah pada Lnb KU band utk bisa kunci SAT Ninmedia Freesat

    BalasHapus
  12. Bagaimana cara yg benar mendengar radio di Televisi??????? Siapa yg bisa jawab

    BalasHapus