Rabu, 16 September 2015

CNN Indonesia Mengudara FTA di Surabaya

AGAK terlambat saya tahu kalau CNN Indonesia telah mengudara secara FTA (free to air) alias gratis di Surabaya. Kalau kabar dari Jakarta sih sudah beberapa waktu yang lalu, walau awalnya, dengan masuknya konten CNNID pada MUX TransCorp membuat KompasTV terdepak. Nah apakah sekarang si Kompas sudah balik pada MUX TransCorp di wilayah Zona 4 (Jakarta-Banten), saya belum tahu.

“Bagaimana, apa KompasTV pada siaran digital di Surabaya hilang dengan masuknya CNN?” tanya saya pada seorang teman.

SQ tembus 100%. Lumayanlah. Semoga On Air terus dan bukan sekadar PHP.
(Altem: STB PF-209, antena Titis TS-1000, kabel Belden)
Foto: ewe
Dan jawaban pasti telah saya dapatkan saat scan ulang pada set top box saya yang sudah sekian lama menganggur (karena saya lebih sering menembak sinyal dari langit, pakai jamur), yakni: KompasTV tetap ada walau CNNID telah mengudara. Nah, dengan demikian, saat saya membuat tulisan ini, MUX di Surabaya yang mengudara ada tiga:

  1. 506 Mhz/Ch. 25: MetroTV dan BBSTV
  2. 522 Mhz/Ch. 27: TransTV, Trans|7, CNN Indonesia, KompasTV.
  3. 586 Mhz/Ch. 35: TVRI Nasional, TVRI HD, TVRI 3, TVRI 4, TVRI Jatim, TVRI Pro2.
CNN sebagai stasiun televisi berita siapa yang tidak mengenalnya. Sekarang, dengan hadirnya ia di kanal digital, harusnya membuat beberapa kemungkinan. Pertama, MUX lain yang juga ada content beritanya (490 Mhz/Ch. 23 : tvOne dan antv) harusnya segera bangkit dari istrirahat panjangnya. Begitu juga dengan MUX milik Emtek dan MNC. Kedua, penjualan set top box atau televisi baru yang sudah include tunner DVB-T2 akan kembali bergairah.

Namun orang kini sudah jeli dan agak susah di-PHP, sehingga kemunculan CNN Indonesia yang bisa dinikmati tanpa berlangganan pay tv dan cukup pakai antena biasa pun masih perlu dilihat lebih lanjut. Untuk sementara atau hanya semacam siaran uji coba lalu mak cling, hilang lagi. Iya to. Bukankah, kabarnya, payung hukum tentang siaran televisi digital belum klir benar. Jangan sampai demi bisa melihat CNN (yang dalam promonya dibilang sebagai 'televisi berita kelas dunia berbahasa Indonesia') lalu dibela-belain beli STB, eh sebulan lagi MUX TransCorp kembali mati suri.

CNN Indonesia ibarat magnet, banyak sekali penyiar berita yang hijrah ke sana.
Kemauan sendiri apa 'dibajak' ya?
Foto: ewe
Hidup adalah pilihan, dan tidak melihat CNN pun tidak apa-apa. Jujur, saya belum terlalu intim dengan CNN. Kalaulah saya nonton, paling-paling sekadar ingin tahu siapa saja sih yang boyongan kesitu. Eh, ternyata buanyak sekali. Mulai Shanta Curanggana, Desi Anwar, Alfito Deanova, Indra Maulana, Putri Ayuningtyas, Frida Lidwina, Prabu Revolusi, Eva Yunizar dll. Melihat ini, seorang teman melontar komentar, “CNN Indonesia adalah hidangan dengan citarasa MetroTVOne.” *****

2 komentar:

  1. awal mengudaranya (surabaya) kalau gak salah tanggal 9 september kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Dan secara resmi mengudara di Indonesia adalah pas 17 Agustus kemarin, berbarengan dengan peringatan 70 tahun Indonesia merdeka. Bersiaran langsung HD dan langsung digital.

      Hapus