Sabtu, 22 Maret 2014

'Elshinta' itu RRI ?

DALAM sehari, saya selalu menyempatkan diri untuk men-scan baik secara auto atau manual sinyal televisi dgital lewat set top box merek Get****m yang saya punya. Berharap jumlah channel bertambah, dan tidak melulu yang di Surabaya ini telah pula dapat dinikmati di jalur analog. Kalau siaran itu sudah ada di analog, kesannya kurang mantap. Lagian, dari rumah saya ini, sinyal analog masih relatif bisa diterima secara baik dan benar.

Syukurlah, harapan itu terkabul walau belum maksimal betul. Paling tidak, meski sinyalnya masih belum stabil (membuat gambar dan suara putus-putus) ada O Channel yang 'digendong' MUX-nya SCTV/Indosiar Network di kanal/frekuensi 538MHz/Ch.29. Itulah yang saya maksud. Selama ini, di kanal analog, O Channel itu belum ada di Surabaya.
Hasil scan via STB Getmecom.
Foto oleh Edwin untuk Kedai Kang Edi.

Nah, ketika saya buat sebagai status di sebuah akun grup Efbi tentang televisi digital Jogja-Jateng masih ada yang kurang ngeh tentang keberadaan siaran radio di kanal televisi digital. Bagi saya, hal ini juga hal baru. Karena, selama lebih kurang setahun ini, belum pernah menemui ada sinyal digital juga disertai siaran radio. Ya, baru di MUX-nya SCTV dkk ini ada radionya. Di layar tertera Elshinta Radio.

Seperti siaran SCTV, Indosiar dan O Channel yang masih megap-megap, siaran radio 'Elshinta' ini pun suaranya juga masih timbul-tenggelam. Malah, kalau di program biasa tidak bakalan muncul ia. Tetapi ketika saya setting ke menu EPG di sisi radio (sisi kanan), si radio 'Elshinta' itu baru muncul suaranya. Itu pun setelah volume televisi saya naikkan ke angka 45.
Nah, baru di saat itulah, saat suara radio bisa saya dengar itu, saya tahu kalau yang namanya 'Elshinta Radio' itu di jalur televisi digital yang keluar malah suaranya RRI Programa1 Jakarta. Nah lho!

Bagi saya ini hal aneh. Sebagai sesama Lembaga Penyiaran Publik (LPP), bukankah lebih masuk akal kalau RRI itu ikut MUXnya TVRI? Juga, kenapa coba, di layar jelas-jelas tertera nama Elshinta. Kalau benar Elsinta sih nggak apa-apa. Orang (kalau tidak salah) antena pemancarnya untuk wilayah Surabaya ini juga gabung di towernya Indosiar kok. *****


1 komentar:

  1. Di parabola saya juga, Elshinta audionya bukan dari Elshinta, melainkan dari Pro 1 RRI Jakarta.

    BalasHapus