Rabu, 17 Desember 2014

Mengejar TVRI, Menangkap tvOne

Penampakan antv dengan STB PF-209
Scan pakai Getmecom HD-9
SUDAH dua hari ini on air-nya, Kang,” begitu kata seorang teman lewat telepon tadi malam, beberapa saat setelah saya menulis status demi mengabarkan MUX Viva grup pada 490MHz/Ch.23 telah kembali mengudara di Surabaya.

Dengan kembali megudaranya tvOne dan antv di kanal digital, menjadikan hanya MUX Emtek Grup (SCTV, Indosiar dan O Channel –538MHz/Ch.29) yang belum kembali on air di kota Pahlawan ini..

Terbilang sudah agak lama saya tidak menyalakan set top box DVB-T2 karena channel yang ada cuma itu-itu saja. Bukannya content bertambah, malah sering berkurang. Pernah suatu kali MetroTV berhari-hari menghilang dari udara, juga MNC grup. Walau yang saya sebut tadi sekarang sudah on lagi, tetapi yang lumayan lama 'tidur' ya MUX Viva dan Emtek.


Semalam saya kembali menyalakan STB karena membaca status seorang teman Facebook di Semarang yang menulis bahwa TVRI telah menambah content; ada TVRI Budaya dan TVRI Sport. Ini hal yang langsung saya hubungkan dengan yang hari-hari ini saya baca di grup satelit pada jejaring sosial media. Bahwa, sekalipun sinyalnya masih pelit, pada siaran satelit TVRI telah menambah content demi melengkapi siaran TVRI Nasional yang ada selama ini. Ya, yang saya maksud tentu yang ada di satelit Palapa, bukan beberapa siaran TVRI Daerah yang ada di satelit Telkom-1.


tvOne hasil scan STB PF-209
Kalaulah saya sejauh ini belum bisa lock transponder 3767 H 4000 (ada pula yang bilang 3768 H 4000) yang dihuni TVRI Sport dan TVRI Budaya, bukan disebabkan masih pelitnya sinyal di frekuensi itu, tetapi lebih disebabkan kurang pinternya saya dalam hal tracking. Atau, ini kecurigaan saya, posisi dish dan atau LNB saya belum pas betul ke arah Palapa-D.
tvOne scan pakai Getmecom HD-9


TVRI Nasional cling tidak pakai cekot-cekot.
Masih gagal lock pakai DVB-S, saya banting setir menyalakan DVB-T2 dan (tidak seperti yang dibilang teman dari Semarang) di kawasan Surabaya TVRI masih belum ada perubahan. Masih –sekalipun siaran empat saluran-- isinya ya tetap sami mawon alias mak plek sama. Mungkin yang dialami teman-teman di Semarang itu masih dalam taraf uji coba. Tapi bersyukurlah, paling tidak, telah ada tambahan content baru. Harapannya, tentu saja, progress siaran televisi digital terrrestrial dengan Monkominfo yang baru sekarang ini makin jelas, dan tidak sekadar jalan di tempat.
Sinyal TVRI baru di Palapa-D milik saya masih 0%.
Untuk siaran satelit, saya scan pakai
reciever Matrix Apple III PVR.


Saya belum tahu apakah di kawasan lain.semua MUX yang telah ditetapkan sudah bersiaran secara full power sekaligus full time. Informasi seorang teman, untuk MUX Emtek (SCTV dkk) di Surabaya ini, pengerjaan infrastrukturnya dibarengkan dengan persiapan beroperasinya pay tv sistem antena biasa bernama NexMedia.*****


10 komentar:

  1. Pak Eddy, tolong info yang dimaksud dgn D yg mana... PF 209 ato Getmecom HD 9...
    Mohon dikirim ke : sondi.rush@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, sebentar lagi silakan dicek pada inbox Anda.

      Hapus
  2. Pak Eddy, jadi merk DVB-T2 yang D apa ya pak ? PF 209 itu antenna nya ya? mohon pencerahannya di email saya andry.hiroya@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. PF-209 itu merek Set Top Box. Kalau antena saya pakai merek Titis TS-1000.

      Hapus
  3. Pak Eddy pada set top box, jika kekuatan sinyal hampir 90% tapi kualitas sinyal hanya maksimal 40% saja apakah masalah terdapat pada jenis antena yang saya pakai ? contoh chanel tv one kuat 65-70% kual 35-37%, trancorp kuat 85-90% kual 40-46%, TVRI kuat 80% kual 70-79%. Saya pakai antena remote. Mohon pencerahannya pak... Terima kasih

    BalasHapus
  4. Pak Eddy, jadi merk DVB-T2 yang D apa ya pak ? mohon pencerahannya di email saya wmegag@yahoo.com
    Makasih Infonya Pak Eddy
    salam hormat wahyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban sudah saya kirim via email. Sila cek inbox sekarang.
      Trim's.

      Hapus
  5. Mas Edy, mohon rekomendasinya utk merk dan jenis STB yang lebih baik penangkapan sinyalnya. email saya nizhie210@yahoo.com.
    terima kasih
    salam

    BalasHapus
  6. Pak Edi rekomendasinya utk merk dan jenis STB yang lebih baik penangkapan sinyalnya, dan Penasaran Merk C dan D. sekiranya Pak Edi sudi menjawab ke hayawang2004@yahoo.com. Trima kasih

    BalasHapus
  7. Pak Edi, mh infonya STB C dan D. Email saya : yustinus.idr@reader.chip.co.id. Matur Nuwun

    BalasHapus