Rabu, 14 Januari 2015

Siaran Televisi Digital di Jember

MINGGU kemarin saya ada acara ke Jember. Waktu yang tak lama itu saya manfaatkan juga untuk menjajal lagi (karena dulu saya juga telah pernah melakukannya) set top box, demi mencari tahu sudah seberapa perkembangan siaran televisi digital terrestrial di Jember. Dulu, seingat saya, MetroTV telah bersiaran secara digital di Jember. Sendiri saja, tanpa kawan. Sekarang, apakah ia sudah ada teman MUX lainnya?

Kemarin itu, mula-mula saya duga frekuensi 610 Mhz (Ch. 38) milik Metro masih ada. Ternyata; malah yang tertangkap ketika saya scan adalah MUX milik MNC pada channel 42 (642 Mhz) dan channel 45 (666 Mhz) yang dihuni MUX TransCorp, sementara MetroTV sama sekali tidak ke-detect.

Seperti biasa, MUX grup MNC berisi RCTI, MNCTV dan GlobalTV, sedangkan TransCorp yang biasanya (di kota lain) selain ditempati TransTV, Trans|7 dan KompasTV, di Jember ini KompasTV tidak ikut serta. Bisa jadi, saya duga, KompasTV memang belum memiliki ijin siaran di Jember.


Satu lagi, bila di Surabaya (yang saya tahu) channel digital semua ada di angka ganjil, untuk Jember kok kombinasi ganjil-genap ya?! (MetroTV channel 38, MNC channel 42 dan MUX TransCorp channel 45.)

Jarak dari tempat saya melakukan scan sekitar 30 km dari pemancar (bila pemancar digital itu dari daerah Bangsalsari). Dengan jarak segitu, saya rasakan, sinyal tertangkap dengan stabil. Entah kalau melakukan scan dari daerah yang jaraknya lebih jauh dari itu. Juga, ada yang bertanya lewat email saya; dengan jarak antara rumah dan pemancar 100km apakah sinyal digital masih bisa diterima?

Jujur, secara teknis saya tidak tahu. Tetapi, asumsi saya, penerimaan sinyal sejalan dengan kekuatan daya yang dipakai oleh sebuah pemancar plus pancaran itu tidak membentur penghalang. Betulkah begitu? Silakan, sebagai expert, Anda menambahkan informasi bila berkenan. Saya tunggu selalu.

Catatan: 'altem' (alat tempur) yang saya pakai scan di Jember tempo hari adalah: Antena: Titis TS-1000 dengan ketinggian tiang 7 meter, Kabel: Belden RG-6, set top box: PF-209. *****

2 komentar: